Kenapa Investasi Itu Penting? Ini Dia Alasannya


Dua kegiatan yang dapat membawa kesejahteraan bagi seseorang adalah menekan pengeluaran dan mengembangkan pendapatan dengan cara menabung dan berinvestasi. Investasi adalah mengeluarkan atau mengumpulkan sejumlah dana dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial. Akan tetapi sebagian dari kita belum sadar akan pentingnya belajar investasi dan cenderung berpikir bahwa investasi tidak perlu dilakukan.


Kebanyakan dari masyarakat lebih suka menabung uangnya di bank atau mempunyai deposito di bank karena bank memberikan keamanan dan kepastian terhadap uang mereka. Dengan berinvestasi, mereka khawatir hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diinginkan. Padahal jika kita melakukan investasi dengan benar maka kita akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
Berikut adalah beberapa hal yang menunjukkan betapa pentingnya investasi bagi kita.

Menghadapi Ancaman Inflasi

Berdasarkan data terbaru, bunga tabungan bank di Indonesia per tahun antara 0-2%. Untuk memperoleh bunga tabungan maksimal, seseorang harus menyimpan dana di bank minimal Rp1 miliar. Sementara itu, nilai rerata inflasi di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir adalah 5,94% per tahun. Dengan memperhitungkan inflasi tahunan tersebut, setelah 10 tahun nilai uang secara akumulatif turun sebesar 46,01%.

Artinya, nilai uang tabungan kamu tidak akan berhasil mengalahkan inflasi. Bila hanya mengandalkan bunga tabungan, kamu tidak akan bisa mengejar harga barang yang naik terus tiap tahun akibat inflasi.

Lain halnya dengan investasi. Imbal hasil investasi rata-rata lebih tinggi dari bunga tabungan. Pertumbuhan harga tanah di Jakarta dan sekitarnya sekitar 10% per tahun. Jika kamu menginvestasikan uang di instrumen pasar keuangan seperti reksa dana imbal hasil yang didapatkan adalah 10-20% dan saham bisa memberikan imbal hasil lebih dari 20%. Agar asetmu berkembang, kamu tinggal memilih produk investasi yang potensi imbal hasilnya lebih tinggi dibandingkan angka inflasi.

Keuntungan yang besar dan kebebasan finansial

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang menginginkan hidup sejahtera dan berkecukupan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan berinvestasi. Banyak jenis investasi yang menawarkan keuntungan yang menarik. Walaupun demikian, sebelum kita berinvestasi sebaiknya kita perlu mengetahui tujuan dan profil risiko kita karena keduanya juga berpengaruh pada hasil investasi.

Selain itu, kita juga harus waspada dengan investasi bodong yang menawarkan imbal hasil yang sangat tinggi. Mulailah investasi sedini mungkin untuk mendapatkan hasil yang besar. Lagi pula, apabila kita gagal berinvestasi di usia muda, kita masih punya banyak waktu untuk memulainya lagi.

Untuk masa depan

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan masa depan yang harus direncanakan dengan matang. Biaya pendidikan setiap tahun mengalami kenaikan sampai 20% per tahun, terutama biaya masuk perguruan tinggi. Salah satu cara bijaksana untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan adalah dengan berinvestasi menggunakan instrumen yang tepat. Selain biaya pendidikan, investasi jangka panjang dapat mempersiapkan hari tua bebas finansial bagi kita.

Investasi online memberikan banyak manfaat, bukan? Maka dari itu, ayo mulai pahami seluk beluk investasi dan segera memulainya! Amartha siap jadi pilihan instrumen investasimu!

Post a Comment

0 Comments