Bahaya Lemak pada Perut

Apa yang perlu diketahui tentang lemak perut? Lemak perut bukan hanya sekedar mengetahui ukuran pinggang namun hal ini berbicara mengenai ukuran kesehatan berdasarkan lingkar pinggang. Tahukah bahwa ukuran pinggang yang berlebih memiliki resiko untuk terkena berbagai macam penyakit, dan seringkali kita mengabaikan bahaya lemak pada perut ini



Tubuh sebenarnnya membutuhkan beberapa lemak namun bila penumpukan lemak berada dilokasi tubuh tertentu akan membahayakan kesehatan. Orang menyimpan sebagian besar lemak mereka dalam dua cara yaitu :

Tepat di bawah kulit di paha, pinggul, bokong, dan perut. Itulah yang disebut subkutan (di bawah kulit) lemak. Ini adalah lemak yang mudah diperhatikan.

Lebih dalam, sekitar organ-organ vital (jantung, paru-paru, saluran pencernaan, hati, dll) di dada, perut, dan panggul. Itulah yang disebut “visceral” lemak. Ini sangat jauh di dalam tubuh sehingga orang tidak bisa melihatnya dari luar.

Banyak orang yang sadar diri tentang lemak yang dapat dilihat. Tapi sebenarnya, itu adalah lemak tersembunyi ” lemak visceral” yang mungkin menjadi masalah yang lebih besar, bahkan untuk orang kurus.
Kita semua memiliki lemak visceral dan itu tidak semuanya buruk. Lemak ini memberikan bantalan yang diperlukan sekitar organ. Masalahnya adalah ketika ada terlalu banyak lemak, dan hal itu terkait dengan resiko yang lebih besar yang menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu (termasuk kanker payudara dan kanker usus besar.

Bagaimana Lemak Visceral di Simpan

Ketika obesitas, tubuh bisa kehabisan tempat yang aman untuk menyimpan lemak dan mulai menyimpannya dalam dan di sekitar organ, seperti jantung dan hati.

Penyakit Liver sampai saat ini sangat langka di kalangan orang yang non alkohol tapi dengan meningkatnya obesitas hal ini menyebabkan resiko penyakit liver semakin besar terjadi dikalangan orang-orang yang non alkohol juga.

Mengetahui Ukuran Lemak yang Dimiliki
Anda bisa mendapatkan CT scan atau MRI jika Anda ingin cara yang paling tepat untuk melihat di mana lemak disimpan. Namun ada metode yang lebih sederhana. Ambil tali pengukur yang biasa digunakan oleh tukang jahit, lingkarkan di sekitar pinggang Anda, dan lakukan saat sedang berdiri.
Untuk kesehatan yang terbaik, ukuran pinggang yang sehat adalah:

Kurang dari 80 Cm untuk wanita

Kurang dari 90 Cm untuk pria

Memiliki “bentuk pir,” dengan pinggul dan paha gemuk, dianggap lebih aman daripada “bentuk apel,” yang menggambarkan pinggang yang lebih lebar hal ini sebagai indikator bahwa Anda memiliki lebih banyak lemak visceral
Bahkan orang kurus bisa memiliki lemak visceral terlalu banyak, meskipun Anda tidak akan pernah tahu dengan melihat mereka. Hal ini dikarenakan gen mereka miliki. Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk menyimpan lemak visceral.

Lemak visceral juga timbul karena kurangnya aktivitas fisik. Orang kurus seringkali mempertahankan berat badan mereka hanya melalui diet saja, dan tidak melakukan olahraga, inilah yang menyebabkan timbunan lemak visceral. Dan orang yang kurus tidak pernah tahu akan bahaya lemak pada perut yang mereka miliki. Oleh karena itu lakukan aktivitas fisik untuk mengikis lemak tidak peduli berapapun ukuran Anda.

Mengontrol Lemak Perut: 4 Langkah yang Harus Dilakukan
Ada empat kunci untuk mengendalikan lemak perut: olahraga, diet, tidur, dan manajemen stres.
Olahraga : Olahraga dengan intensitas tinggi mengikis lemak, termasuk lemak visceral.

Olahraga juga dapat memperlambat penumpukan lemak visceral yang cenderung terjadi selama bertahun-tahun.

Berapa banyak olahraga yang dibutuhkan? Setengah jam latihan aerobik dengan intensitas tinggi, dilakukan empat kali seminggu. Jogging, jika Anda sudah biasa melakukannya, atau berjalan cepat di atas treadmill yang menanjak, jika Anda belum biasa untuk jogging. Latihan dengan intensitas tinggi seperti sepeda statis dan mesin elips atau dayung juga efektif.

Aktivitas moderat yaitu menaikkan detak jantung Anda selama 30 menit setidaknya tiga kali per minggu  juga bisa membantu.Hal ini akan menghambat lemak visceral di tubuh Anda. Tapi untuk membakar lemak visceral, latihanyang Anda lakukan memerlukan intensitas yang lebih tinggi. 

Berjalan ke taman, bermain sepak bola dengan anak-anak Anda juga bisa dilakukan dan tidak harus di gym.

Diet: Tidak ada diet ajaib untuk lemak perut. Tetapi ketika Anda menurunkan berat badan, lemak perut biasanya akan hilang terlebih dahulu
Diet kaya serat juga dapat membantu.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan 10 gram serat larut per hari, tanpa perubahan diet lainnya, memiliki lemak visceral lebih sedikit daripada yang lain.  Konsumsi dua buah apel kecil, secangkir kacang hijau, dan setengah cangkir kacang pinto, misalnya.

Tidur: Mendapatkan jumlah tidur yang tepat membantu. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mendapat enam sampai tujuh jam tidur per malam memiliki lebih sedikit lemak visceral, dibandingkan dengan mereka yang tidur lima jam atau kurang per malam, atau delapan jam atau lebih per malam. Tidur bukan satu-satunya hal yang penting tapi itu merupakan salah satu kunci mengurangi penumpukan lemak.

Stres: Anda mungkin sudah tahu bahwa orang-orang cenderung tidak membuat pilihan makanan terbaik ketika mereka sedang stres. Dan ketika Anda punya stres kronis yang bisa menjadi masalah dapatkan dukungan sosial, beralihlah ke teman-teman dan keluarga, bermeditasi, dan berolahraga sebagai cara untuk menangani. Apabila Anda punya banyak waktu olahraga adalah pilihan terbaik karena memiliki manfaat mengurangi obesitas dan stres.

Dengan menyadari bahaya lemak pada perut lebih awal akan membangun tingkat kesadaran untuk mencegah berbagai macam penyakit dengan meningkatkan pola hidup yang lebih sehat sehingga kualitas hidup yang lebih baik bisa diperoleh.


Post a Comment

0 Comments