Siaga! Gigi Berlubang pada Ibu Hamil Dapat Mengakibatkan Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur terus bertambah banyaknya di penjuru dunia. Tiap tahunnya, serta ada 15 juta anak yang terlahir prematur. Kematian anak karena kelahiran prematur atau pada umur 37 minggi adalah pemicu kematian paling tinggi anak baru lahir.



Berdasar data WHO, ada 10 negara yang memberi 60 % kelahiran prematur. Indonesia juga menempati tempat ke-5 dengan kelahiran prematur seputar 675.500 ditahun 2010.

Unsur yang mengakibatkan bayi lahir prematur, menurut Dr.dr. Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, Dokter Obstetri serta Ginekologi Konsultan Fetomaternal Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo, diantaranya ialah infeksi pada ibu hamil.

"Dari semua insiden prematur, seputar 30-40 % salah satunya dikarenakan oleh infeksi. Bermakna infeksi adalah pemicu paling besar keadaan ini," tutur dr. Ali dalam acara Danone, di Jakarta.

dr. Ali memberikan tambahan infeksi yang terkait dengan kelahiran preterm salah satunya infeksi menyebar seksual, vaginosis bakterialis, infeksi salurah kemih, pneumonia, peritonis, sampai penyakit peridontal (gigi serta mulut).

Lalu kenapa gigi berlubang bisa mengakibatkan bayi lahir prematur? dr. Ali menjelaskan gigi berlubang menyebabkan infeksi. Pada step akut, bisa tingkatkan hormon prostaglandin yang bisa menyebabkan kelahiran bertambah cepat.

"Gigi berlubang atau gusi abuh bisa mengakibatkan anak lahir prematur. Umumnya, gigi patah didiamkan walau sebenarnya di dalamnya ada kuman atau bakteri, kita tidak sadar mememilihara kuman. Kuman itu tentu masuk ke saluran darah, menyebabkan badan keluarkan tanggapan. Tanggapan itu menyebabkan keluarnya kontraksi," tuturnya.

Infeksi peridontal (gigi serta mulut) ini dapat berlangsung sebelum atau waktu hamil. Oleh sebab memperhatikan kesehatan mulut penting.

Dr. Ali menjelaskan keputihan juga jadi unsur kelahiran prematur. Sebab akan mengakibtakan kuman yang terlalu berlebih.

Ada juga faktor-faktor efek penyebab kelahiran prematur, salah satunya umur ibu begitu muda waktu hamil, anak kembar, infeksi waktu kehamilan, penyakit yang terkena ibu seperti hipertensi serta diabetes, minimnya nutrisi, serta ibu depresi.

Kelahiran prematur bisa jadi pemicu komplikasi keadaan kesehatan, baik dalam periode pendek seperti masalah pernapasan serta penambahan efek infeksi. Sedang periode panjang dapat berlangsung penyakit tidak menyebar seperti diabetes serta hipertensi.

Oleh karenanya, semestinya calon ibu menyiapkan beberapa hal untuk kehamilan. Semestinya konsultasi terlebih dulu ke dokter, adakah penyakit, periksakan kesehatan mulut, sampai jaga nutrisi.

Post a Comment

0 Comments