Berikut Beberapa Langkah Pas Buat Orang-tua untuk Menjaga Bayi Prematur

Kelahiran bayi yang prematur memerlukan perlakuan spesial oleh orangtua. Supaya bayi prematur tumbuh secara baik, ada langkah menjaga yang pas.



Tata seperti menjaga bayi lahir lahir bisa diikuti orangtua. Dokter spesialis anak M Azharry Rully memberi panduan menjaga bayi prematur.

Sebab keadaan kesehatannya berlainan dengan bayi normal lain, bayi prematur atau berat lahir rendah lebih rawan untuk alami hipotermia--kondisi waktu temperatur badan alami penurunan mencolok dibawah suhu normal (dibawah 35 derajat Celsius).

"Pertama, yakinkan sesudah memandikan, (badan) anak betul-betul kering. Selekasnya selimuti untuk jaga suhu tubuhnya," tuturnya lewat info tercatat yang diterima Health Liputan6.com.

"Ke-2, ibu dapat mengaplikasikan Cara Kanguru, yakni menghangatkan bayi baru lahir memakai suhu badan ibunya. Tidak hanya menghangatkan badan anak, cara ini diakui tingkatkan berat tubuh bayi secara cepat serta menguatkan ikatan di antara ibu serta anak."

Ke-3, bayi lahir prematur butuh diberi air Susu Ibu (ASI) sekerap mungkin. Ini untuk jaga berat tubuh bayi sesudah lahir.

"Beri ASI sekerap mungkin , meskipun waktu menyusuinya pendek, paling tidak sekali dalam 2 jam," lanjut Rully yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Ke empat, bila anak belum dapat menyusui, karena itu ASI perah bisa diberi dengan perlengkapan simpatisan, seperti sendok atau gelas. ASI yang diberi pada anak, tidak hanya jadi sumber nutrisi penting, ASI dapat juga tingkatkan imunitas serta perubahan badan anak.

Post a Comment

0 Comments